Pengantar Bisnis Informatika (Tugas 3)

MULTIMEDIA KREATIF PRODUCTION

A. Executive Summary

“Hidup semakin mudah dan cepat sekali berubah”, itulah mungkin yang saat ini sering diutarakan masyarakat kita, masyarakat yang sedang menuju kepada perubahan sosial ilmu pengetahuan. Inikah dampak dari globalisasi ?. Perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi informasi dan komunikasi yang semakin cepat menumbuhkan sebuah pola pikir baru di masyarakat kita saat ini yang semakin konsumtif dan serba instant, kemudahan mendapatkan segala bentuk informasi, ketiadaan hambatan jarak dan waktu, dan kenyamanan akses sumber tersebut menjadi alasan utama yang mendasari akan adanya sebuah peluang bisnis yang menghasilkan.
Menjamurnya penggunaan internet, teknologi informasi dan berbagai media digital di berbagai bidang, baik instansi pendidikan, perusahaan-perusahaan dan pelatihan maupun kalangan masyarakat sudah tidak dapat diragukan lagi. Akan tetapi, ketika masyarakat sudah terlanjur mengadopsi perkembangan itu pernahkah berpikir untuk mengelola serta menggunakannya sesuai dengan kaidah dan etika berteknologi ?.
Teknologi Informasi dan Elektronika telah menghasilkan sebuah industri baru yang disebut industri Teknologi Informasi dan Elektronika (untuk selanjutnya disingkat menjadi TIE). Industri TIE ini memiliki potensi pangsa pasar yang sangat besar dan bahkan menciptakan pola bisnis baru (new business models). Bahkan muncul istilah baru seperti “new economy”, “network economy”, “digital economy”, dan “x-economy”.
Multimedia Kreatif Production, melihat sebuah peluang bisnis dari hal tersebut kemudian memutuskan memproduksi bermacam-macam media dan teknologi software tools yang dapat digunakan untuk kebutuhan yang sesuai dengan keinginan penggunanya dalam artian sesuai dengan pesanan pasar. Jenis-jenis media yang diproduksi antara lain ; CD multimedia interaktif, media cetak, media suara, media visual-audio serta software tools komputer serta training multimedia.
Untuk menyiasati bisnis baru ini agar dapat berkembang lebih besar lagi diperlukan sebuah cara, yaitu :
1. Desain media yang mudah digunakan.
2. Produksi sesuai dengan pesanan pengguna.
3. Tenaga ahli yang profesional.
4. Adanya sertifikasi media.

B. Gambaran Umum Bisnis

Visi :
Memberikan layanan dalam perancangan, pembuatan, produksi dalam bidang media teknologi informasi.
Misi :
Memberikan layanan training interaktif yang dapat menjadi sarana pencerahan dalam penggunaan teknologi informasi khususnya software tools yang akan membantu penggunanya dalam meningkatkan pemanfaatan teknologi.
Segment Pasar :
Segmen pasar yang dibidik adalah :
* Pelajar, mahasiswa, baik dari perguruan tinggi maupun instansi pendidikan lainnya, yang membutuhkan pencerahan wawasan teknologi informasi mengenai software tools tertentu yang akan membantu meningkatkan kualitas kemampuan akademiknya.
* Perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan software tools, dan training untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan.
* Umum.
Profit Bisnis :
Profit yang di dapat bisnis ini berasal dari pesanan pembuatan software tools, produk media dan pendaftaran pelatihan/training.
Deferensiasi Bisnis Bidang-Bidang
Berbagai bisnis seperti ini mungkin sudah mulai berkembang di Indonesia saat ini, tapi yang membedakan bisnis ini dengan bisnis lain yaitu, adanya sebuah inovasi dalam proses pembuatan media yang menerapkan prinsip “up to costumer”, sehingga kami secara tidak langsung menjadi konsultan media sekaligus pembuat media. Dan kemudian setelah media tersebut jadi, dapat disertifikasi sesuai dengan pesanan.
* Bidang produksi media.
* Bidang training.
Sumber Daya Manusia yang kami miliki :
* Media Profesional : 2 orang ;
* Konsultan Media : 1 orang ;
* Media Specialist : 3 orang ;
* Programer dan Instruktur Ahli : 5 orang ;
* Tim Teknisi : 2 orang ;
* Akuntan : 1 orang ;
* Cleaning Service : 2 orang ;
Jumlah SDM : 16 orang

C. Potensi Bisnis

Kondisi Pasar Bisnis
Pertumbuhan bisnis produksi media dan training media semakin hari semakin ketat, hal ini menjadi suatu tantangan dan sekaligus peluang bisnis bagi kami. Permintaan pasar yang besar terhadap penggunaan media Teknologi dan Informasi membawa perubahan sebuah pola pikir di masyarakat kita saat ini yang semakin hidup konsumtif dan serba instant. Dan merubah aspek kehidupan yang tadinya tradisional menjadi digital. Hal ini dapat di lihat langsung misalnya; terus berkembangannya teknologi bagi pendidikan, perubahan di perusahaan dalam hal pelatihan yang menggunakan media digital sebagai salah satu sarana Diklat di perusahaan tersebut.
Penjelasan di atas menjadi sebuah peluang bisnis dalam hal memfasilitasi dalam pembuatan produk media.
Persaingan Saat Ini
Melihat ketatnya persaingan dalam bisnis ini, mungkin yang perlu di waspadai adalah harusnya adanya “long commitment” “pelayanan yang memuaskan” dalam upaya terus mengembangkan ide dan pengembangan tenaga ahli yang berkompeten.

D. Rencana Bisnis

Target Bisnis :
*   Membuat software tools sesuai dengan permintaan konsumen.
* Membantu memfasilitasi konsumen (instansi) dalam membuat media bagi pelatihan ataupun bagi kepentingan lainnya.
* Memberikan pelatihan mengenai penggunaan software tools yang dapat di aplikasikan dalam meja kerja.
* Menjadikan perusahaan ini sebagai pusat produksi dan pelatihan multimedia, dengan jaringan yang luas.
Kegiatan Usaha
* Produksi media dan software program dengan menjadikan sebuah prototipe atau contoh produk.
* Membuat rancangan desain produksi.
* Menyiapkan berbagai bentuk kebutuhan yang akan digunakan dalam pelatihan.
* Pengembangan dan penelitian produk media.
Strategi Bisnis :
* Tahap awal membuka bisnis ini dengan membuka jaringan kerjasama yang luas dengan lembaga-lembaga serupa baik dari pemerintah maupun swasta.
* Memberikan promosi bagi perusahaan atau instansi-instansi yang terkait dengan kegiatan perusahaan kami.
* Adanya tenaga ahli yang professional.
* Menjalin kerjasama dengan pengelola bisnis professional di bidang teknologi informasi seperti ; IPKIN (Ikatan Profesi Komputer dan Informatika Indonesia), APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), dan berbagai vendor di bidang TIE.
* Pelayanan yang nyaman serta terpadu dengan mengoptimalkan kualitas produk dan ditunjang oleh komitmen dalam masalah waktu yang sesuai dengan perjanjian.
* Promosi bisnis yang terus berkembang dengan membuka website yang dapat memfasilitasi konsumen untuk mendapatkan segala informasi tentang perusahaan ini.
Resiko :
* Resiko terbesar adalah dana awal (modal) yang besar, hal itu terlihat pada proses pemilihan karyawan yang memiliki kemampuan yang bisa dibilang advance sehingga gajinya juga lumayan besar.
* Menjamurnya perusahaan yang sama dan berkembangnya ilmu pengetahuan di dalam masyarakat menjadikan mereka dapat membuat media sendiri dengan mudah.
* Perubahan teknologi yang semakin cepat sehingga para karyawan perusahaan perlu mengup-grade kemampuan diri
Antisipasi Resiko
* Kerjasama dengan tawaran yang menarik.
* Memperluas kerjasama.
* Mencari tenaga ahli alternatif dengan gaji sesuai.
Tawaran Investasi dan Kerjasama
Sistem Kerjasama
* Sponsorship:
Penawaran Kerjasama
Kami Pihak Management Perusahaan “MULTIMEDIA MANAGEMENT PRODUCTION” bermaksud menawarkan kerjasama kepada Instansi Pemerintah/Lembaga/Perusahaan yang Bapak/Ibu kelola dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Sponsor Tunggal
Instansi Pemerintah/Lembaga/Perusahaan Anda adalah satu-satunya mitra kerja dalam penyelenggaraan kegiatan Kami.
Maka Kami telah menyediakan kontraprestasi sebagai wadah promosi Instansi Pemerintah/Lembaga/Perusahaan Anda. Maka sebagai sponsor tunggal, Kami percayakan kepada Instansi Pemerintah/Lembaga/Perusahaan Anda sebesar 25%.
2. Sponsor Utama
Kompensasi sebesar 10%.
3. Sponsor Pendamping
Kompensasi 5%.
* Investasi modal :
Mencari para investor yang ingin menanamkan modal di perusahaan ini dengan memperoleh bagi hasil kompensasi laba di akhir periode tutup buku per akhir bulan atau per akhir tahun.
Data Finansial
Rancangan anggaran dana awal (modal) : Rp. 60.000.000,00
Pinjaman : Rp. 60.000.000,00
Rp. 120.000.000,00
Infrastruktur
– Tanah 300 m2; : Rp. 30.000.000,00
– Komputer 10 buah; : Rp. 40.000.000,00
– Studio audio-visual; : Rp. 10.000.000,00
– Kamera, dll. : Rp. 10.000.000,00
Rp. 90.000.000,00
Biaya operasional awal
– Promosi Perusahaan : Rp. 14.000.000,00
– Gaji Karyawan : Rp. 16.000.000,00
Rp. 30.000.000,00
Sisa Rp. 0,00
Penutup
Dalam membangun dan mengelola bisnis ini diperlukan sebuah SDM (sumber daya manusia) yang kompeten dan berkualitas sehingga dapat memberi pelayanan yang sesuai kepada pihak konsumen.
Anggota Kelompok :
Absen
   11   Bobby Rahmantoro [ 51410428 ]
   12   Chairul Amri [ 51410540 ]
   13   Debi Candrakirana [ 51410729 ]
   14   Dewi Yulia Ningsih [ 51410916 ]
   15   Dwinita Puspitasari [ 52410222 ]
   16   Edith Pradipta [ 52410242 ]
   17   Fariz Adnan [ 52410624 ]
   18   Hanif Farhan Zain [53410116 ]
   19   Hasan [ 53410116 ]
   20   Hasanul Cholid [ 53410179 ]
Iklan
Perihal

ups... terjadi kesalahan...

Tagged with:
Ditulis dalam tugas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s